Selayang Pandang

TK Ricci II berdiri sejak tahun 1987 yang terletak di Jl. Utama II kelurahan Pondok Karya kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Banten. Dibangun di atas tanah seluas 1,3 H dengan bentuk bangunan menyerupai Joglo – rumah adat Jawa Tengah.

Kami memiliki tenaga pendidik yang berkompeten di bidangnya (anak usia dini). Dengan jumlah guru 16 orang, tata usaha 1 orang dan 2 orang karyawan putri serta 1 orang OB.

Fasilitas yang dimiliki TK Ricci II berupa

  1. Area playground
  2. Taman lalu lintas
  3. Lapangan
  4. Kolam renang
  5. Kolam pasir
  6. Area bermain indoor
  7. Aula
  8. Ruang komputer
  9. Ruang kelas yang sudah dilengkapi dengan LCD

Dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang kami miliki, TK Ricci II juga memiliki program-program kegiatan yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembang anak-anak dengan mengutamakan pada keberhasilan siswa.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan untuk anak-anak anta lain:

  • KGM tidak hanya di dalam kelas melainkan mereka dapat belajar di luar ruangan. Mereka bisa belajar di halaman sekolah, karena belajar tidak hanya berada di dalam kelas.
  • Bahasa pengantar di TK Ricci II adalah bahasa ibu yaitu Bahasa Indonesia. Namun mereka tetap diperkenalkan bahasa asing seperti Bahasa Inggris.
  • Metode KBM yang digunakan bermain untuk belajar.

Yaitu bermain yang bermakna, dengan bermain anak-anak menemukan banyak hal. Secara tidak langsung anak-anak di bawa dalam suasana belajar yang menyenangkan, sehingga menumbuhkan minat untuk senang bersekolah.

Program yang kami buat selain untuk tumbuh kembang siswa, kami juga merancang beberapa kegiatan untuk orang tua dan keluarga seperti :

  • Seminar tentang pola asuh anak, tujuannya untuk menyamakan persepsi pola asuh buah hati di rumah dan di sekolah.
  • Family Gathering, kegiatan yang melibatkan orang tua dan siswa untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya antar keluarga dan pihak sekolah.
  • Perayaan Hari Kartini (festival Busana Daerah) menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme sejak usia dini. Anak-anak dan orang tua mengenal baju daerah.

Dengan program dan metode yang kami rancang ini diharapkan anak-anak semakin bertumbuh rasa percaya dirinya, memiliki minat dan senang bersekolah, sehat, ceria dan memiliki karakter RICCI

Harapan kami mereka tumbuh menjadi pribadi yang dapat menghargai Tuhan, dirinya sendiri dan orang lain, serta menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki skill sehingga mampu bersaing di era globalisasi ini.